welcome in my special place
semua berisi tentang coretan-coretan saya,
maaf jika terdapat banyak kekurangan


my extraordinary place to show the knowledge and the creativity


Selasa, 19 Oktober 2010

MY FIRST LOVE (INI CERPEN PERTAMAKU)

‘maaf tapi tanpa mu, pun ku rasa aku masih bisa hidup di dunia ini. Lagipula jika ada kamu itu hanya akan menyusahkanku saja’ itulah sepenggal kalimat yang di ucapkan bocah cinta pertama ku, sadis bukan dengan kalimat itulah ia meninggalkan aku di bandara, ia memutuskan untuk pergi ke New York. Saat mengucapkan kalimat itu ekspresi wajahnya sangat dingin ia seolah hidup dengan penuh kesepian seolah-olah ialah orang yang mengenal neraka yang bernama kesepian.
Hallo namaku al, lengkapnya sih alya anita fitri. Tapi aku lebih suka kalo di panggil al alsanya sih simple biar lebih mudah manggilnya gitu, yang tadi itu ada sepenggal kisah masa kecilku sekarang aku sudah kelas 2 SMA bentar lagi bakal masuk ke kelas tiga dan itu artinya masa-masa bermainku di kelas 2 akan segera berlalu. Tapi rasanya hari ini kok aneh yaaa? Ya ampun aku telat sekarang udah jam 7 kurang 15 aduh gimana nih mati aku.
Ahhhhhhhh, untung gax telat. Tapi kok kali ini rasanya aneh lagi yaa. Kok semua anak-anak pada ribut  pada ngomongin apa sih. Udah  lah cuek ajah, nah sekarang ada lagi yang aneh, kok rasanya hari ini kok banyak banget yang aneh, yang pertama adalah tiba-tiba tadi pagi aku keingat lagi sama cinta pertama ku, trus anak-anak yang gax biasanya ngumpul tiba-tiba numpul ngebicaraain yang gax jelas. Dan sekarang tiba-tiba ada kepsek masuk, itu kan aneh banget ‘anak-anak pagi ini kita ke datangan siswa baru’
Oh ternyata itu toh yang ngebuat anak-anak pada ribut, aku heran deh gimana sih mereka bisa tau  kalo bakal ada murid baru jangan-jangan mereka punya indra keenam sampe berita yang belon di kasih tau mereka udah tau. Tiba-tiba seorang anak laki-laki masuk ke kelas kami wajahnya kayak blesteran gitu deh mungkin salah satu orang tuanya orang asing tapi kok kayaknya aku kenal tapi siapa yaaa?
‘baiklah, nah nak silakan perkenalakan dirimu’ kepsek tersebut memberikan ruang kepada anak tersebut untuk memperkenalkan dirinya ‘namaku hyuga ardela putra, kalian bisa panggil aku yuga. Aku pindahan dari New York’ wow semuanya kagum mendengar dia pindahan dari New York. Tapi aku kaget bukan karna dia pindahan dari luar negeri tapi namanya “yuga” mungkinkah dia bocah cinta pertamaku. Aku benar-benar shock  mendengar itu aduh gimana nih apa aku harus senang atau malah sedih,perkenlan itu gax berlangsung lama yuga langsung duduk tepat di depan aku. Aduh rasanya makin lengkap penderitaan ku. Udah hampir 5 tahun aku coba ngelupain dia, dan sekarang saat rasanya aku udah hampir ngelupain dia, dia balik lagi [kan belon tentu dia bocah cinta pertama gue]. Saat istirahat saat semua berkumpul di kantin tapi aku lebih memilih ke atap sekolah, bukan mau di bilang bunuh diri tapi aku ngerasa kalo di sana aku bisa sedikit ngebuang unek-unek di dalam hati ku. Waktu lagi merenung dengan kondisi hatiku tiba-tiba ada tangan yang lumayan besar yang menutup kedua mataku. ‘woi ngapain lo’
‘arghahh…dika apaan sih?’
‘just kidding al, lagian ngapain sih lo di sini ntar kesambet setan lo’senyumnya yang khas tergambar jelas di wajahnya. ‘ye biarin hidup gua ini’ jawab ku sewot ‘oh ya, anak baru yang masuk ke kelas lu tu. Siapa namanya’
‘kenapa….? Ngerasa tersaingin ya loe’
‘enak aja, di sekolah ini ni yang paling ganteng ya ananda dika prasetyo’oh ya aku lupa ini teman atau lebih tepatnya sahabat kali ya. Dia ini orangnya tu paling narsis di sekolah ini. ‘woy ngelamun lagi ya lo’
‘ah..enggak kok’aneh ko dia bisa tau ya kalo aku ngelamun. ‘jadi siapa namanya’
‘nama siapa’ masih agak setengah bingung gitu, habisnya kayaknya aku tadi lagi ada di dunia lain gitu. ‘ye gimana sih, ya si anak baru itu’ kayaknya dika mulai sewot tuch ‘yuga’
‘singkat amat lengkapnya dong’
‘ih…lengkap amat sih. Hyuga Ardela Putra’
‘oh…truz katanya dia pindahan dari New York’
‘iya…trus kenapa’
‘enggax…jadi dia pake bahasa inggris gitu’
‘gax ko bahasa indonya lancar tuh’
‘oh…’saat sedang berbincang seperti itu tiba-tiba terdengar suara bel yang itu artinya udah masuk cuy. Aduh bisa telat lagi nih mana setelah ini pelajaran selanjutnya matimatika yang gurunya, uh….sadis banget. ‘al, bel masuk gimana nih’ serentak kami berdua lari menuju tangga, kelas ku ada di lantai dua paling pojok lagi, dan itu artinya masih jauh banget dari tangga. Kalo dika sih enak kelasnya gax terlalu jauh dari tangga jadi sampenya cepat.
Saat sampai di depan pintu kelas itu guru udah ngajar ajah jadinya. ‘ darimana kamu’tanya itu guru sambil mengacungkan rotanya kearah mukaku ‘i…tu tat a tadi’
‘jawab yang jelas dong bapak tidak mengerti apa yang kamu bicarakan’
‘tadi di panggil wali kelas dulu, biasa pak masalah kelas’UH…ke inget kalo aku ketua kelas jadi punya alasan deh buat ngeles. Maaf ya pak…
‘oh ya sudah berhubung kamu sudah berdiri sekalian saja kamu kerjakan soal di papan ya?’ MATI…MATI argh aku kan belum ngerti jadi giman ngerjainnya dong. Dengan pd aku jalan arah ke papan tulis tapi apa yang mesti ku jawab. Kan gak ngerti ?
‘ bagaiman al, kamu bisa’
‘gax bisa pak…’terpaksa deh…tapi tiba-tiba sih murid baru tuh tunjuk tangan
‘pak gimana kalo saya ajah yang ngerjainya’
‘kamu siapa ko saya gax pernah lihat kamu’
‘em…nama saya hyuga ardela putra pak tapi bapak bisa panggil saya yuga’
‘oh kamu murid baru itu ya…yak silakan sekalian menguji kemampuan kamu’ dia maju  dan menyelesaikan soal itu dengan sekejap ajah trus waktu selesai ngerjain tugas itu dia lewat depan aku sambil senyum lagi mungkin di pikirnya dia buat aku tu malaikat penyeleamat kali ya tapi gax masalah sih berkat dia aku SELAMAT.
‘baiklah untuk tugas selanjutnya bapak akan bagi tugas berkelompok, kelompoknya nanti akan bapak baginkan melalui ketua kelas kalian ini’ ahhhh waktu tuh guru keluar dengan segera aku menarik napas lega. Ini istirahat kedua, sekolah kami emang aneh istirahatnya dua kali tapi pulangnya kami pasti telat dua jam dari sekolah lain ibaratnya 30 menit istirahat kami tuh diganti dua jam.
Istirahat ini aku kapok deh ngelamun di atap sekolah, takut telat kayak tadi. Tapi sebenarnya bukan itu sih alasannya he he, aku di panggil ama tu guru killer. Gugup juga sih ketemu setan apalagi di kandangnya sendiri, pas lagi seru-serunya gugup ternyata tu guru killer Cuma ngasih daftar kelompok tugas ah… entah napas lega atau apa yang pasti pengen nafas ajah namanya juga manusia?!?!. Jalan lagi ke kelas lagi asyik-asyiknya jalan ketemu lagi deh ama manusia narsis tadi, bingung juga ya manusia kayak dika ada lagi yang mau {banyaaaaaak mungkin}
‘woy… al mao balix ke kelas ya bareng yok’
‘mau ngapain lo ke kelas gue’
‘he…gue mao ngeliat tuh anak baru’
‘dika…dika setreeeees ya lo’
‘enax ajah gue masih waras kali, udah jalan yok’ hem gax rugi juga sih dapet bodyguard kayak dika {untung malah}
[dika : emang gue bodyguard loe, gax ada bodyguard seganteng and seimut gue]. Dan yang bikin rasanya jantung gue melorot turun {ieh…lebay na}ternyata tuh anak-anak cewek pada ngegrubungin tuh anak baru, and parahnya lagi bukan Cuma cewek cowok juga. Kalo kalian ngeliat nih anak cowok di sebelah gue yang sebelumnya narsis banget berubah mukanya kayak kepiting rebus entah marah atau bukan yang pasti dia kesel banget cuy…kasian gue ngeliat dia diem banget kayak gitu akhirnya gue ngomong.
‘guys gue bacain daftar kelompok tugas matematika tadi ya’  whu…kedengran banget anak-anak pada gax setuju
‘udah deh walaupun kalian  teriak tuh guru killer gax bakalan ngerubah pendiriannya’ udah ya sob gax perlu di sebutin banget kan siapa-siapa namanya yang pasti satu kelompok tuh dua orang, satu ceweknya satu cowoknya. Heran sih ama tuh guru mau nyuruh pacaran ya.
‘soooory dari tadi gue gax denger nama gue disebut masa gue gax punya kelompok’ ternyata tuh anak baru nanya lagi
‘iya kok gue gax ngedenger nama yuga  di sebut’sambung nona sok cantik di sebelahnya tuh murid baru {masih beloon bisa manggil “yuga”}
‘udah deh gax usah banyak Tanya kalo nama gue dari tadi gax disebut itu berarti dia sekelompok ama gue’jawab ku lemas, and yang bikin gue tambah lemes adalah banyak anak cewek yang protes.
‘gue rasa kalo kalian gax terima, silakan ajah ngomong ama tuh guru killer. Gue yakin pacar gue ini juga pasti gax mao sekelompok ama dia. Yah…gax al’ busyet nih orang mao bikin skandal baru ya daripada bikin skandal mending dia bikin sandal jepit ajah deh
‘ja…ja..di kalian pacaran’ celetuk seorang temen cowok di kelas gue
‘wah jadi ketua kelas kita pacaran nih ama dika. Wah selamat nih’ sambung yang lain. Jawab apaan ya.
‘enggak eh dika…jelasin gax lo’dika nyeret gue keluar kelas
‘udah dapet cowok sekeren gue, gax papakan…’jawabnya santai sambil masih megang bahu gue. Senyum lagi
‘gax papa apanya woy ntar jadi gosip’
‘kenapa wong cuman gosip’
‘oh ya...lo gax ngerti gimana ntar penderitaan gue ngadepin cewek-cewek sok kecantikan yang suka ama lo’
‘udah tenang ajah ada gue, yok makan laper nih’ semprul nih orang
Sekarang kepala gue bener-bener pusing, bener gax sih yuga itu bocah cinta pertama gue. Kalo emang bener itu dia truz gimana sikap gue entar di tambah lagi tugas matematika gue kan ama dia …MAMPUS DEH….
MINGGU…hari yang paling membahagikan dalam hidup gue libur cuy he…he. Tadinya sebelum tuh guru killer ngasih tugas matematika bareng tuh anak baru, CAPCAI deh. Dan anehnya kok malah gue yang kerumah dia gax ke balik. Sabtu kemaren dia cuman ngomong gini “gue gax tau daerah jadi lo ajah ya yang ke rumah gue” setan singkat banget kan, BABU kali ya gue [untung lo murid baru]. Hem ternyata dia tinggal di apartemen ya. Yak tinggal pencet bel ajah…
‘MASUK AJAH’wah gila nih orang gax tau tata krama ya. Mending kalo yang pencet nih bel lo orang baek gimana kalo maling {mana ada sejarahnya maling pencet bel, pencet idung mungkin biar gax napas}
‘permisi….’
‘sopan banget lo’ternyata nih anak udah duduk di sofa deket pintu apa salahnya coba bukain gue pintu, emang dasar semprul.
‘ye…ini namanya tata krama’
‘punya tata krama ya loe gue pikir gax ada’
‘udah deh gue lagi malez berantem’ TENANG banget mungkin itu kali ya suasana yang ke gambar lewat mata si pengarang.
‘oh ya dari tadi kita ngerjain tugas nih ko gue gax liat orang tua lo’
‘Mereka masih di new york, kenapa lo mau ke temu bokap nyokap gue’
‘ya gax gitu juga sih, so berarti lo tinggal sendiri dong’
‘ya gitu deh, gue bukan anak manja kayak lo yang kemana-mana tuh mesti sama ortu’cuy kata-katanya sumpah mirip banget sama kata-kata yang pernah di ucapin oleh bocah cinta pertama gue…MUNGKINKAH…
‘Woy ngelamun ya loe’suaranya menyadarkanku
‘ah…an enggak kok’
‘loe tersinggung ama kata-kata gue tadi. Sory deh gax maksud ngehina’
‘enggak kok, boleh pinjem toilet gax’
‘oh….lurus ajah ampe pintu yang deket dapur  tuh’wajahnya bingung tapi gue , gue lebih bingung lagi ama kata-katanya tadi. Waktu ngelewatin kamar mungkin ya soalnya pintunya Cuma kebuka dikit doang, gue ngeliat foto seorang gadis kecil deh kayaknya soalnya mukanya masih lugu banget sd mugkin. Fotonya besar banget di bingkai truz ada lampunya makanya fotonya jadi keliatan cantik banget. Karna penasaran masuk bentar  gax papa kali ya…eh tapi kok kayaknya aku kenal ya ama nih gadis kecil…YA  AMPUN INIKAN GUE…sambil masih mulut ngangap gue masih bertanya-tanya ini beneran gue waktu masih kecilkan…BERARTI…tiba-tiba ada suara
‘ingatkah…’
‘loe bener-bener ah…’
‘ya…al gue cowok masa kecil loe’
‘tapi kenapa…’
‘gue mau ngerubah yang dulu al, bulshit kalo gue ngomong gue bisa hidup sendiri. Gue butuh loe al’ air mata gue jatuh cuy…ga bisa berenti ya nih air mata. Ini bukan kondisi yang gue inginnin.
‘sory gue perlu waktu’ gue lari dari situ tapi air mata gue masih juga gax mau berenti TUHAN TOLONG. Gue gax peduli deh kalo orang-orang pada ngeliatin gue, tapi rasanya malu juga sih. Pas lagi sedih-sedihnya tuh adegan gue nubruk orang lagi
‘al…ngapain lo. Loh kok nangis’KENAPA MESTI KETEMU DIA?
‘dika…’
‘ya dah deh kita cari tempat yang tenang dulu ya’ kita duduk di taman bangku-bangkunya sepi masih siang gini jarang ada orang duduk di taman kalo gax pagi ya sore atau malem biasanya sih kalo malem tuh tante-tante yang setengah laki-laki setengahnya lagi mungkin perem kali ya.
‘napa loe nangis di pinggir jalan, untung gue gax kasih loe uang receh’
‘ka…yuga frist love gue’
‘ha…frist love lo yang nyakitin lo waktu itu ya’gue gax bisa jawab akhirnya ngangguk deh. Dika perhatian dia gax banyak nanya dia cuman peluk gue {pengalaman kali}.
Rasanya hari ni tuh gue gax mau masuk, tapi inget bentar lagi ulangan semester ya dah deh [dengan berat hati]. Di depan gerbang gue ketemu dika
‘wah gue pikir lo gax bakal masuk hari ini’
‘ya gax ampe segitunya juga kali’ jawab ku kesal. Waktu ampe di depan tuh anak udah ada ajah di depan kelas, aduh dika gue perlu loe [koq sekarang jadi cari-cari dika]
{dika: gue kahn ngangenin}
‘al…soal kemaren gue perlu jawaban, kalo lo mau terima gue lagi gue janji gax akan nyakitin lo lagi’ busyet dah nih anak, gax ada perasaan banget.
‘gue gax tau mesti bilang apa, gue bingung’ lari ajah deh, tujuan ya kemana lagi atap sekolah. Tempat yang gax pernah di periksa oleh satpam [malez sih]. Pas lagi mau nenangin pikiran gue tiba-tiba muncul sosok orang aneh tapi emang sih gue perlu dia sekarang.
‘ngapain lo al’
‘he…enggax kok’
‘enggax apa nih udah bel lo. Lo mau boloz yach’
‘ah iya apa’
‘wah parah nih anak bel tuh udah 5 menit yang lalu’
‘ya…gax tau deh abiz gax nyadar’
‘oya…boleh Tanya gax’
‘apaaan…’jawabku singkat
‘loe masih suka ama yuga gax sih’
‘I don’t know…argh gue gax tau. Gue pusing’
‘apa dia penting buat loe, sampe lo gax bisa tidur kalo inget dia’
‘gue gax tau’
‘kalo lo gax tau apapun gimana lo bisa bertahan dengan perasaan gax jelas kayak gini’
‘cukup…tolong jangan Tanya lagi. Dan loe juga jangan bersikap sok peduli ama gue,gue gax perlu rasa kasian dari loe’
‘gue peduli…gue kasian bukan karna gue ingin tapi seluruh badan gue sendiri yang pengen bergerak untuk ngelindungin cewek yang berharga buat gue. Apa itu salah buat loe’ gue gax bisa ngomong apapun
‘sama kayak loe gue juga punya cinta yang sangat berharga buat gue…yang pengen gue jaga…dan yang pengen gue raih’
‘apa maksud loe…’
‘gue suka ama loe’
‘ta…ta..pi’tiba-tiba jari telunjuknya udah menghentikan kalimat dari bibir gue
‘loe gax perlu ngomong apapun, karna tujuan gue Cuma agar loe bahagia…’
‘dan mungkin ini yang terakhir buat loe dari gue’ entah dari mana tapi tiba-tiba yuga udah ada di belakang dika. Dan perlahan dika berbalik menghadap ke yuga.
‘titip al ya…’dia berbicara seolah itu nafas terakhirnya, dan entah kenapa kok hati gue jadi sakit gini. Gue gax tau kenapa tiba-tiba perasaan gue jadi berubah gini…………
‘al…apa kamu mau jadi pacar gue lagi’ Tanya yuga tiba-tiba…kenapa sekarang rasanya gue mau ngejar  dika
‘gue mau Tanya satu hal ama loe, kok loe bisa ada disini?’gue gax perduli lagi dengan perasaan yuga yang pasti di pikiran gue cuman ketemu dika dulu, gue lari dari sana sekenceng-kencengnya.
‘sebenarnya gue ama dika sering bertemen di dunia maya kita sering facebook-an atau twitter, dari sana dia tau kalo aku sedang mencari cinta pertamaku, lalu suatu hari dia kasih tau kalo dia berhasil nemuin cinta pertama ku itu’ jadi selama ini dika udah ngatur semua ini…dia udah tau kalo yuga cinta pertama gue. ITU DIA….gue ngeliat dika lagi maen basket ama temennya heran yach perasaan tadi dia keliatan sedih banget sekarang malah maen basket. Tapi gue bener-bener gax perduli dengn apapun lagi rasa suka gue rasanya mau meledak, perasaan ini aneh rasa suka gue ke dika lebih besar rasanya dibandingkan dulu, rasa suka ini memaksa gue untuk memilikinya dan bukan merelakan dia pergi.
‘dikaaaaaaaaaaaa….’teriak ku kencang di pinggir lapangan basket. Suara dika emang gax terdengar tapi gue bisa baca gerakan bibirnya di bilang “al” dan entah kenapa itu ngebuat gue senang.
‘loe brengsek ya…loe ninggalin gue ama cowok lain. Loe gax sayang ya ama gue, dan parahnya lagi loe nembak gue tapi gax mau nunggu jawaban gue. Sebenarnya mau loe apa sih?’wajah dika keliatan bingung banget, dan bodohnya nih anak dia sama sekali gax bergerak dari tempatnya berdiri, masak dia mau nunggu aku yang nembak dia sih.
‘woy dengerin gax sih’
‘ta…pi gue pikir loe sukanya ama yuga si frist love loe itu’dia tertawa mengejek entah untuk siapa?
‘iya emang gue sukanya ama yuga, tapi itu dulu dan bukan sekarang. Kalo sekarang sih gue lagi suka sama anak narsis di sekolah gitu deh….bantuin gue dapetin dia yaaaa’
‘ka….lo itu sih loe gax perlu bantuan gue karna dia yang akan ngejar loe’senyum nakal kahs dika balik lagi dan sekarang dia lari ke arah gue. Emang pada dasrnya nih anak gax punya malu dia meluk gue di depan temen-temen yang lain. Tanpa mereka berdua sadari ada sepasang mata yang ngeliatin mereka dari atap sekolah, al dapetin sesuatu yang paling berharga di hidupnya saat sma bukan hanya pacar tapi pelajaran kalo cinta pertama gax selalu jadi cinta terakhir karna banyak cinta di dunia ini dan bukan hanya satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar